Bimbingan Teknis Pelatihan Home Industry bagi Warga KAT

Pemberdayaan terhadap Komunitas Adat Terpencil pada saat ini telah diwujudkan oleh Kementerian Sosial melalui Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (PKAT), dimana pemberdayaan yang dimaksud menempatkan KAT bukan lagi sebagai obyek, namun sebagai subyek. Proses pemberdayaannya, diarahkan agar mampu melaksanakan kehidupannya baik dalam menggali potensi maupun sumber-sumber yang ada.

 

Salah satu pemberdayaan yang dilakukan oleh Direktorat PKAT adalah dengan melakukan Bimbingan Teknis Keterampilan Home Industri Bagi Warga KAT. Melalui Bimbingan Teknis ini diharapkan warga KAT dapat menemukenali potensi Sumber Daya yang ada di daerah mereka yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan. Selain itu, diharapkan warga KAT dapat memiliki kemampuan teknis dalam bidang Home Industri yang nantinya dapat mewujudkan Warga KAT yang hidup sejahtera dan mandiri.

 

Tahun 2018, kegiatan Bimbingan Teknis Keterampilan Home Industri bagi Warga KAT diikuti oleh 30 peserta dari 20 Provinsi selama 6 hari di Tasikmalaya, Jawa Barat. Selama kegiatan ini, peserta tidak hanya dibekali materi mengenai kewirausahaan seperti peluang pasar produk kerajinan tangandan produksi rumahan, namun juga praktek pembuatan kerajinan tangan dan produksi rumahan. Diharapkan dengan Bimbingan Teknis ini dapat tercipta Warga KAT yang mandiri