Kunker Perdana, Mensos Juliari Batubara Tinjau TMPN di Palu

PALU (29 Oktober 2019) - Menteri Sosial Juliari P. Batubara meninjau Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Tatura di Palu, Sulawesi Tengah. Ini merupakan kunjungan kerja perdananya setelah dilantik oleh Presiden  Joko Widodo pada 23 Oktober lalu untuk mengisi kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'aruf menggantikan Mensos sebelumnya, Agus Gumiwang Kartasasmita. Mensos meninjau langsung rehabililitasi TMPN Tatura yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi tahun 2018 lalu. 

Dalam kunjungan tersebut, Mensos - Ari, sapaannya, melihat dan mendoakan secara langsung makam Kolonel Inf. (Purn.) H. Sudarto, S.H., M.Hum yang merupakan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah periode 2011-2016. Ari juga berpesan agar generasi muda selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara.

"Saat ini nilai kepahlawanan mulai menurun khususnya pada generasi muda yang terpengaruh pekembangan jaman. Sudah menjadi tugas Kementerian Sosial untuk mempromosikan dan mensosialisasikan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda. Berbeda ketika saya masih muda, para pemuda hafal nama para pahlawan dari berbagai daerah, serta nilai kepahlawanan itu sangat kuat dan melekat hingga saat ini," ujar Ari.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazarudin yang hadir mendampingi Mensos dalam kunker tersebut mengatakan jika Kementerian Sosial telah mengeluarkan dana sebesar 300 juta rupiah yang bersumber dari APBN untuk merehabilitasi kembali TMPN Tatura yang sebelumnya mengalami beberapa kerusakan akibat gempa bumi. Rehabilitasi tersebut mencakup rehab pagar samping, gapura dan huruf timbul, gazebo, pengecatan pagar dalam, pengecatan gedung, dll. Ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir dan selalu menghargai jasa para Pahlawan Nasional.