Generasi Millenial Ramaikan Jelajah Kapal Kepahlawanan di Kepri

PANGKAL PINANG (23 Oktober 2019) - Menteri Sosial yang diwakili Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Arif Nahari, membuka kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan (JKK) Tahun 2019 di Dermaga Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang (Fasharkan) Mentigi Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial.

Mengusung tema "Aku Pahlawan Masa Kini", Arif Nahari sebagai Inspektur Upacara menyampaikan dalam sambutanya bahwa kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan ini merupakan kegiatan srategis dalam penanaman dan pewarisan nilai kepahlawanan antar generasi untuk menjaga eksistensi bangsa pada persaingan global yang semakin ketat di tengah derasnya ilmu pengetahuan dan teknologi di era Revolusi Industri 4.0.

"Jelajah Kapal Kepahlawanan Tahun 2019 kita laksanakan di Kepulauan Riau karena Kepulauan Riau merupakan cerminan sebagai negara kepulauan yang memiliki 2000 pulau, dimana 95% wilayahnya terdiri dari lautan dan 5% nya daratan, serta merupakan gerbang terdepan Indonesia yang berbatasan dengan negara-negara tetangga, yang memiliki tiga Pahlawan Nasional," jelas Arif.

JKK 2019 yang dilaksanakan tanggal 23-25 Oktober 2019 ini menggunakan KRI Banda Aceh 593, dengan melibatkan 500 orang peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pramuka, perwakilan santri, panti, organisasi kepemudaan dan pilar-pilar sosial (Karang Taruna, Tagana, TKSK, PSM) yang berasal dari Tanjung Pinang, Batam dan Bintan.